Cara Membuat Biogas Dari Limbah Tahu

Kebutuhan energi untuk masa sekarang dan masa yang akan datang semakin banyak dibutuhkan dikarenakan oleh populasi manusia yang setiap harinya semakin meningkat dan tentunya pemakaian energi pun juga bertambah. Melihat populasi manusia yang semakin bertambah bayangkan apa yang akan terjadi dengan energy untuk masa mendatang.

Oleh sebab itu, kita perlu sebuah energi alternatif yang mudah digunakan dan tidak terlalu sulit untuk pembuatannya, yaitu energi biogas. Energi biogas ini banyak macam dari sumber bahan untuk pembuatannya, ada yang berasal dari limbah tahu, kotoran sapi, eceng gondok, cara membuat biogas dari sampah plastik, dan masih banyak lainnya.

Dalam pembahasan kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat biogas dari limbah tahu. Limbah tahu ini bisa dijadikan bahan untuk dijadikan sebagai energi alternatif dengan melalui proses pembuatan biogas.

Bayangkan saja, limbah tahu sebesar 50 kg bisa menghasilkan energi biogas setara dengan 2 liter minyak tanah

Alat Yang Diperlukan Untuk Cara Membuat Biogas Dari Limbah Tahu


Ada dua jenis alat pembangkit digester yang bias digunakan untuk cara membuat biogas dari limbah tahu, yaitu jenis tipe kubah tetap (fixed dome type) dan terapung (floating type). Jenis kubah adalah berupa digester yang dibuat dengan menggali tanah yang bentuknya semacam rongga yang bebas dari udara dan bangunan tersebut berstruktur seperti kubah (bulatan setengah bola) yang terbuat dari pasir, semen, dan bata. Jenis alat ini telah lama dan banyak dikembangkan di China sehingga bangunan tersebut disebut juga sebagai tipe alat jenis kubah atau tipe China.

Pada tahun 1980 alat ini telah dibangun sebanyak tujuh juta unit di China dan penggunaannya sangat banyak meliputi untuk generator tenaga listrik dan menggerakkan alat-alat pertanian. Jenis tipe terapung juga telah banyak dikembangkan di India seperti sumur pencerna dan pada bagian atasnya ditaruh drum terapung yang terbuat dari besi terbalik yang berfungsi sebagai penampung gas yang telah dihasilkan oleh digester. Sumur tersebut telah dibangun dengan semen, pasir, dan batu bata. Karena telah lama dan banyak dikembangkan di India, maka digester tipe ini disebut juga sebagai digester tipe India.

Di Negara India dan China, sangat banyak dan telah lama mengembangkan sumber energi alternatif, biogas. Dikarenakan pada dua Negara tersebut tidak mempunyai sumber energi bumi. Pada digester bakteri-bakteri methan tersebut akan mengolah limbah biomassa yang dapat menghasilkan biogas methan. Dengan pipa yang telah didesain sedemikian rupa sehingga gas tersebut bias mengalair ke kompor yang berada di dapur. Gas yang telah dialirkan ke kompor bisa dipakai sebagai keperluan untuk memasak dan sebagainya.

Biogas bersumber dari campuran limbah dengan air yang cukup banyak sebagian besar terdiri atas limbah tahu dan potongan-potongan kecil sisa-sisa tanaman, seperti jerami, dan sebagainya. Untuk pertama kali waktu yang dibutuhkan sekitar dua minggu sampai satu bulan sebelum gas awal dihasilkan. Campuran limbah dan air tersebut harus selalu ditambah setiap hari dan sesekali juga diaduk, sedangkan yang telah diolah akan dikeluarkan melalui saluran yang telah dibuat yaitu saluran pengeluaran.

Sisa dari limbah hasil proses cara membuat biogas dari limbah tahu, yang disebut lumpur maupun slurry, mempunyai banyak kandungan hara yang sama halnya dengan pupuk organik yang telah matang seperti kompos sehingga bisa digunakan langsung untuk memupuk tanaman atau diperjualbelikan, sebelum dimasukkan ke dalam karung terlebih dahulu dikeringkan di bawah sinar matahari.

Sebagai permulaan memang membutuhkan biaya yang cukup untuk membangun sebuah pembangkit atau digester biogas yang relatif besar bagi penduduk yang berada di pedesaan. Namun sekali pembangkit biogas tersebut telah terbangun, pembangkis biogas tersebut akan dapat dipergunakan dan akan menghasilkan biogas selama bertahun-tahun.

Untuk pembangkit tipe kubah yang berukuran 8 meter, sangat cocok untuk petani yang mempunyai 100 ekor ayam, 8 ekor kambing, atau 3 ekor sapi. Di samping itu juga harus memiliki sumber air dan limbah yang cukup untuk pelengkap biomassa. Setiap unit yang diisi sebanyak 80 liter air dan potongan limbah lainnya yang dicampur dengan 80 kilogram kotoran sapi akan mampu menghasilkan 1 meter kubik biogas yang kegunaannya sebagai penerangan dan untuk memasak.

Biogas ini  sangat cocok untuk dikembangkan di daerah-daerah yang banyak memiliki biomassa, diantaranya di sentra-sentra produksi padi dan ternak seperti di Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, Sulawesi Selatan, dan di daerah-daerah lainnya yang biomassanya berlimpah.

Proses Cara Membuat Biogas Dari Limbah Tahu


Cara membuat biogas dari limbah tahu tidak berbeda dengan cara pembuatan biogas dari sampah yang membedakannya hanyalah bahan dan waktu permentasinya.

Dalam cara pembuatannya sangat mudah yaitu dengan mengayak ampas tahu sehingga menghasilkan air yang banyak, kemudian air dari limbah tersebut dimasukkan ke dalam bak penampung dan dialirkan ke dalam digester.

Untuk bahan dan alat yang dipergunakan untuk membuat digester dalam proses pembuatan biogas ini bisa dilihat di artikel cara pembuatan biogas dari eceng gondok.

Proses Cara Membuat Biogas Dari Limbah Tahu Sebagai Berikut:


1.Siapkan limbah cair dari pembuatan tahu sebanyak 200 liter kemudian dimasukkan kedalam penampung, dinginkan limbah didalam penampung tersebut.

2. Masukkan cairan tersebut kedalam penampung yang lubangnya berhubungan dengan lubang untuk memasukkan bahan pada digester hingga terisi penuh.

3. Biarkan proses permentasi berjalan hingga memakan waktu 30 - 45 hari agar terbentuk gas yang kualitasnya bagus.

4. Jika ingin mengetahui apakah gas telah terbentuk atau belum, kita bisa membuka kran yang berhubungan dengan kompor, setelah itu nyalakan kompor tersebut. Jika kompor menyala itu berarti bahan yang dipermentasikan telah terbentuk menjadi biogas dan bisa dipergunakan untuk kebutuhan.

5. Untuk selalau menggunakan biogas, tambahkan bahan limbah setiap harinya.

12 comments:

  1. Mas mau tanya limbah yg ada di tampungan apakah akan habis dengan sendirinya atau harus di ganti / di buang & di ganti
    Makasih sebelumnya
    Tolong ya mas 0819691159 sms

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, akan habis dengan sendirinya. harus diganti mas

      Delete
  2. Bisatlg dbntu prakteknya mas..t4 saya tiap hari sktr 10rbu liter limbah airnya..mksh sblmny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk prakteknya, mas bisa ikuti cara-cara membuat biogas pada artikel-artikel di blog ini

      Delete
    2. bagaimana cara praktik membuatnya

      Delete
    3. bagaimana cara praktik membuatnya

      Delete
  3. Ijin share artikelnya bos. Punya cita cita untuk praktek.

    ReplyDelete