Biogas Salah Satu Contoh Energi Biomassa

Biogas adalah suatu hasil proses aktivitas anaerobik atau fermentasi yang bahannya bersumber dari sampah, limbah domestik, kotoran manusia dan kotoran hewan atau setiap limbah organik dalam keadaan anaerobik. Biogas mengandung metana dan karbon dioksida. Biogas yang terbentuk dari aktifitas anaerobik sangat bagus digunakan sebagai pengolah limbah biodegradable, dikarenakan bahan bakar bisa dihasilkan untuk menghancurkan bakteri patogen dan sekaligus juga dapat mengurangi jumlah limbah buangan.

Metana yang terdapat dalam biogas, apabila terbakar akan relatif lebih bersih dari pada batu bara, dan akan menghasilkan suatu energi yang lebih besar dengan emisi karbon dioksida yang sedikit. Pemanfaatan biogas mempunyai peran yang sangat berpengaruh dalam manajemen limbah karena metana adalah suatu gas yang sangat berbahaya untuk pemanasan global apabila dibandingkan dari karbon dioksida.

Karbon yang terdapat pada biogas merupakan suatu karbon yang diambil dari atmosfer oleh suatu proses fotosintesis tanaman, sehingga apabila gas tersebut dilepaskan lagi ke atmosfer tidak akan memperbanyak karbon diatmosfer bila dibandingkan dengan bahan bakar fosil. Pada saat ini, banyak Negara yang sudah maju meningkatkan penggunaan biogas, baik yang dihasilkan dari limbah cair, limbah padat ataupun yang dihasilkan dari sistem pengolahan biologi mekanis pada suatu tempat pengolahan limbah.

Gas landfill adalah suatu gas yang bersumber dari limbah padat yang dibuang di landfill. Sampah yang ditimbun akan ditekan dengan cara mekanik karena kondisinya akan menjadi anaerobik dan bahan organik itu pun akan terurai dan gas landfill tersebut pun akan dihasilkan. Gas landfill ini semakin berkumpul dan kemudian perlahan-lahan akan terlepas ke atmosfer. Hal ini sangat berbahaya karena akan dapat menyebabkan ledakan, pemanasan global dari metana yang merupakan suatu gas rumah kaca, dan material organik yang akan terlepas.

Biogas diproduksi dari pemecahan bahan-bahan organik yaitu seperti misalnya kotoran manusia, material pada tanaman, pupuk kandang/kompos, dan sebagainya. Semua bentuk bahan organik tersebut akan diuraikan melalui proses. Proses tersebut disebut fermentasi yang dilakukan dengan bantuan mikroorganisme anaerobik yang dapat menghasilkan karbon dioksida dan metana.


Apa Itu Energi Biomassa?


Energi biomassa adalah salah satu jenis bahan bakar yang terbuat dari hasil konversi bahan biologis seperti tanaman. Bahan organik juga bersumber dari hewan dan mikroorganisme. Seperti diketahui, bahwa tumbuhan memproduksi bahan makanan dengan sedikit bantuan sinar matahari yaitu melalui proses fotosintesis. Energi biogas ini penggunaannya tanpa adanya material sedikitpun dan hanya menggunakan energi biomassa sehingga hal tersebut pun tidak akan mengakibatkan pengundulan hutan yang akan berdampak pada keseimbangan karbondioksida.

Energi ini akan ditransfer ke hewan dan manusia pada saat mengkonsumsi tumbuhan. Biomassa, yang pertama terdiri dari tumbuh-tumbuhan, yang mampu memberikan sebagian besar energi yang digunakan untuk berbagai hal keperluan.  Ketika hewan tidak mengkonsumsi suatu tumbuhan, tumbuhan akan dimetabolisme maupun dipecah oleh suatu mikroorganisme yang kemudian akan melepaskan karbon dioksida dan metana kembali ke atmosfer. Dengan demikian Hal itu pun merupakan salah satu bentuk kesinambungan yang berkontribusi dengan siklus karbon.

Komposisi Biogas Sebagai Energi Biomassa


Komposisi biogas pada umumnya bervariasi tergantung dari asal suatu proses anaerobik yang telah terjadi. Gas landfill mempunyai konsentrasi metana dikirakan sekitar 50%, sedangkan system dari pengolahan limbah maju akan dapat menghasilkan biogas dengan 55-75%CH4. Kandungan Hidrogen sulfida (H2S) 0-3, Metana (CH4) 55-75, Nitrogen (N2) 0-0.3, Karbon dioksida (CO2) 25-45, hidrogen (H2) 1-5, dan Oksigen (O2) 0.1-0.5.

Contoh Lain Dari Biogas Sebagai Energi Biomassa


Hal ini dikarenakan sumber yang paling utama biomassa (tumbuhan) berlimpah di alam sekitar dan akan dapat terus menerus tumbuh, serta limbahnya (bentuk daun yang kering, cabang yang telah mati, dll) yang tersedia terus-menerus. Hanya saja, pembakaran kayu yang disertai dengan emisi sebagian besar karbon dioksida ke udara yang merupakan gas pada rumah kaca. 

Contoh lain dari biogas sebagai energi biomassa adalah sebagai berikut:

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, biomassa adalah salah satu bentuk energi terbarukan yang bahannya diperoleh dari sumber-sumber yang bisa diproduksi lagi. Kayu juga dapat digunakan sebagai produksi listrik dalam skala besar seperti pada kasus pembangkit listrik tenaga uap. Untuk menyeimbangkan polusi tersebut, lebih banyak lagi pohon-pohon yang harus kita tanam sehingga akan dapat menyerap lebihnya karbon dioksida yang ada di atmosfer.

   a. Limbah pertanian


Banyak limbah pertanian yang terus bisa digunakan sebagai produksi untuk energi biomassaBanyak macam bentuk limbah tersebut antara lain adalah jerami, ampas tebu, kotoran ternak dan kotoran unggas yang bisa digunakan untuk bahan bakar yang menghasilkan panas dan listrik.

   b. Tanaman energi


Juga terdapat beberapa jumlah tanaman energi yang telah ditanam secara komersial sebagai bentuk sumber energi. Tanaman ini telah dibudidayakan dalam bentuk skala yang besar dan kedepannya akan diproses untuk dijadikan bahan bakar.

Berbagai tanaman sumber energi ini diantaranya yaitu jagung, kedelai, rami dan gandum. Produk bahan bakar yang nantinya akan dihasilkan yaitu butanol, etanol, metanol, propanol dan biodiesel.

   c. Kayu


Kayu dijadikan sebagai bahan bakar di banyak tempat di dunia, salah satunya diindonesia. Kayu adalah salah satu bentuk sederhana dari biomassa. Energi yang dihasilkan dari pembakaran kayu akan digunakan sebagai memasak, yang menghasilkan panas, dll. Kayu juga dapat digunakan sebagai produksi listrik dalam skala besar seperti pada kasus pembangkit listrik tenaga uap.


Hanya saja, pembakaran kayu yang disertai dengan emisi sebagian besar karbon dioksida ke udara yang merupakan gas rumah kaca. Untuk menyeimbangkan polusi tersebut, lebih baiknya untuk lebih banyak lagi pohon-pohon yang harus kita tanam sehingga akan mampu menyerap karbon dioksida berlebih yang ada di atmosfer.


No comments:

Post a Comment